Thursday, July 1, 2010

Managing Your Time ( I )


Kemarin aku ditugaskan oleh atasanku untuk mengikuti training yang diadakan di kantor dengan topik Time Management. Sebenarnya aku agak malas mengikuti training-training umum yang akan menyita waktu seharian akibatnya pekerjaan jadi menumpuk setelah itu aku pun harus lembur untuk mengejar ketinggalan pekerjaanku tersebut.

Tapi aku harus berfikir positif, jarang ada atasan seperti managerku yang memberikan waktu luang pada anak buahnya untuk mengembangkan diri dan menambah ilmu. Harusnya aku bersyukur memiliki atasan yang memberikan tugas seimbang antara hak dan kewajiban kepada bawahannya.


Jam 09.00 pagi aku sudah siap diruangan training bersama dengan hampir 30 orang peserta training lainnya. Training dibuka oleh trainer dengan menyampaikan beberapa tujuan diadakannya pelatihan tersebut diantaranya adalah harapan bahwa peserta dapat menyadari bahwa waktu adalah sumber daya yang sangat berharga dan membutuhkan pengelolaan yang baik dan benar.

Sesi pertama dimulai dengan pertanyaan dari si trainer “ apa sih yang sudah kalian kerjakan dan dapatkan selama kalian hidup? Apakah tujuan hidup kalian? Berapakah umur kalian saat ini? Berapa sisa waktu kalian saat ini jika dirata-rata umur hidup orang hanya mencapai 70 tahun? Are you spending them wisely?”


Jujur mendengar rentetan pertanyaan itu aku sempat menerawang jauh kebelakang, apa sih yang sudah aku kerjakan dan dapatkan selama ini? apakah aku selalu punya tujuan dalam hidup? Ya tentu saja aku punya tujuan dan cita-cita dalam hidup, tapi aku lebih mengandalkan bahasa “let it flow” jalanin aja lah, lebih mengandalkan kebiasaan dan keberuntungan.

Habis TK lalu SD terus SMP setelah itu SMA dilanjutkan dengan Kuliah kemudian bekerja….yaaa tepuk tangan aku berhasil melalui itu semua, perjalanan hidup yang mulus tapi semuanya itu aku andalkan dengan proses “Flowing” jarang menggunakan target kecuali pada waktu kuliah itupun ayahku yang menentukan targetnya mungkin kalau tidak ada target waktu dari ayah aku akan terlalu santai.

Sang Trainer berbicara lagi “ Ok knowing your self! Apa yang anda inginkan dalam hidup ini? coba kalian tuliskan dalam kertas, apa sih yang kalian inginkan dalam hidup ini? “

Hmmmmmmmmmm apa ya? untuk menjawab pertanyaan ini saja aku bingung….


Pembahasan kedua adalah mengenai “Plan Your Life “ dalam pembahasan ini diputarkan sebuah ilustrasi film yang mempertontonkan seorang ibu yang tengah melahirkan lalu anak itu lahir tapi terbang terus melesat sangat cepat diudara sampai tua kemudian berakhir mendarat di peti mati. Hidup cepat dan sangat singkat! Tiap peserta yang menontonnya pasti tertawa terbahak-bahak, lucu memang tapi maknanya sangat dalam.

Hidup memang sangat singkat, aku aja sering bilang ih ya ampun ga berasa ya umur udah makin tua aja perasaan baru kemarin deh aku dihukum ayah gara-gara nyeburin sepeda ke kolam ikan, atau ada yang pernah berkata ketika gagal dalam suatu langkah hidup “ andaikan waktu bisa diputar, aku tidak akan mengambil langkah itu “


“You Must Plan Your Life!” si trainer berkata setengah membentak tegas. Kembali dia mengulas “Tanpa suatu tujuan kehidupan bagaikan gerakan tanpa makna, kegiatan tanpa arah, peristiwa tanpa alasan, kehadiran tanpa arti “

“Mau kemana tujuan kita?.........haiyaaaaa mau kemana ya? yang terbersit di otakku saat itu adalah lagu “ mau dibawa kemana hubungan kita – Armada "


Bagaimanakah caranya menentukan tujuan? Apa saja kendala dalam mencapai tujuan? Dimana letak aku tertampar tampar oleh setiap ocehan si trainer? Akan aku bagikan di tulisan selanjutnya, dihari selanjutnya. So jangan lupa setiap hari buka A12T ya! hehehe….

No comments:

Post a Comment